Selasa, 21 Januari 2014

Manfaat Tanaman Legundi Untuk Kesehatan



Tanaman legundi atau nama latinnya Vitex trifolia ini tersebar di seluruh Indonesia. ternyata memiliki banya khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, bisa untuk meningkatkan produksi asi serta meningkatkan kesuburan wanita, apa saja manfaatnya ?, simak pembahsan berikut:

legundi merupakan perdu bercabang banyak, tinggi 2-5 m. menyebarkan aroma seperti rempah. Bunga berwarna putih keunguan, buah cokelat. Biji kecil, cokelat. Rasanya pahit, panas, dan menyengat. Tumbuh liar di tanah berpasir, gersang, atau di timbunan sampah hingga ketinggian 1000 m dpl.

Legundi mengandung alkaloid berupa viticine, vitexicarpin, flavonoida casticin, saponin, aucubin, agnosida, erostosida, vanillic acid, dan minyak atsiri sineol. Menurut pengobat tradisional, flavonoid dalam daun legundi muda berkhasiat untuk mengatasi radang paru-paru. Karena itu ia dipakai dalam ramuan obat carcinoma bronchogenika.

Secara umum daunnya berkhasiat sebagai tonik, ekspektoran, antipiretik, obat cacing, demam nifas, tifus, obat haid, peluruh air seni, dan peluruh air keringat. Akarnya berkhasiat sebagai antipiretik dan obat lever. Buahnya dipakai sebagai obat batuk, asma, pelancar haid, meningkatkan produksi ASI, dan meningkatkan kesuburan wanita.

Demikian pembahasanya manfaat tanaman legundi semoga bermanfaat untuk pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar